23 September 2007

BERUBAH DARI DALAM

Menurut DR.Jalaluddin Rakhmat,untuk meningkatkan SQ adalah :
Baca kitab suci
Pelajari kehidupan para nabi dan orang saleh
Biasakan mengubah dari dalam diri bukan diluar diri
Lakukan ibadah serius
Sediakan waktu khusus untuk berdoa
Belajar menajamkan indra batiniah.

Saya ingin mencoba menguraikan point nomor 3 yaitu membiasakan mengubah “didalam diri” bukan “diluar Diri” sesuai dengan pemahaman saya.
Saya mencoba mengilustrasikan dalam kehidupan sehari-hari , sebagai contoh jika suatu waktu ketika mencoba mencari sesuatu di internet dan ternyata sangat mengasikkan dan memakan waktu yang lama, tiba-tiba bos kita lewat di depan kita. Apa yang kita lakukan ?, biasanya kita me mengecilkan windows Internet explorer kita , atau langsung menutup windows kita. Mengapa kita melakukan itu, biasanya kita khawatir, si boss akan berpikir kita bukannya bekerja tapi malah asik main internet.
Itulah contoh mengubah dari luar. Karena ada boslah kita menghentikan kegiatan kita , bukankah kita pasti mempunyai tujuan sendiri mengapa kita menggunakan internet, mungkin kita mencari informasi untuk mendukung pekerjaan kita atau mendownload sesuatu yang berguna. Kita harus yakin apapun yang kita lakukan adalah sesuatu yang didorong dari dalam diri untuk tertindak karena kita adalah raja untuk diri kita sendiri bukan orang lain seperti boss kita itu.
Pengertian kita adalah raja untuk diri kita sendiri adalah kita harus senantiasa bisa mengendalikan semua yang ada diri kita. Seperti tarikan atau dorongan yang sangat kuat dari lingkungan sekitar yang pada akhirnya mengganggu pikiran kita dan berujung kepada kerentanan kita akan pengaruh dari luar. Jikalau kita selalu berpikir kita adalah raja untuk diri kita, semua pengaruh dari luar akan bisa kita kendalikan dan kita saring karena dalam diri kita sudah tersedia “program” yang super canggih yang biasanya kita namakan suara hati. Semakin kita fokus akan dalam diri kita , secara tidak sadar kita akan mengarah kepada suatu tindakan yang baik, dan itu bukan dari luar diri kita, tapi dari dalam diri kita. Semakin kita membiasakan diri mengubah dari dalam semakin kita menjadi raja untuk diri kita sendiri.

Aw (23 september 2007 20:00:00)

Tidak ada komentar: