21 September 2007

BELAJAR IKLAS DIBAYAR DENGAN 1 BAN MOBIL

Saya mempunyai seorang sahabat dikantor yang belakangan hari ini jarang membawa mobil. Menjelang sore dia bilang ke saya akan ikut pulang bareng saya. Saya pikir ngga apa – apa dech , sekalian ngobrol bareng buat membuang jenuh menghadapi kemacetan di jakarta. Besoknya dia nebeng lagi , besoknya dia nebeng lagi , lama – lama saya jadi kesel ama dia. Kekesalan saya dikarenakan jalan menuju ke rumah dia macet banget dan yang membuat saya makin kesal adalah saya tidak bisa sholat magrib di masjid favorit saya yaitu masjid At-Tin di Taman Mini. Saya sangat suka sholat dimasjid tersebut terutama sholat magrib karena tempatnya bagus, bersih dan sangat besar.
Keesokkan harinya sengaja saya tidak banyak ngomong dengan dia dengan harapan dia tidak terpancing tidak nebeng bareng saya lagi dan memang benar dia sama sekali tidak ngomong mau ikut nebeng dengan saya. Saya jadi senang , wah aman nech bisa buka Masjid At-Tin dan sholat di sana. Tapi lama – lama saya merasa ngga enak dengan dia , karena kok saya jahat banget sech , Cuma nebeng aja saya ngga mau. Setelah membuang perasaan itu , saya menawarkan diri untuk mengajak bareng dan bener dugaan saya bahwa hari itupun dia ngga bawa mobil.Di tempat parkir dia cerita kalo mobilnya dimasukkan oleh asuransi untuk dicat dan perawatan mesin, waduh makin ngga enak saya, jahat banget sech saya jadi orang. Tapi mungkin karena masih ngga iklas , saya bilang ke dia bahwa jangan lewat jalan biasa , bisa ngga lewat jalan altenatif yang lebih lancar dan ngga macet. Dia bilang ada dan kita hitung start dari kantor jam 17:10 menit untuk memastikan kebenaran jalan artenatif tersebut. Dan benar, jalannya benar – benar lancar , walaupun harus melewati perkampungan , kita berjalan sangat lancar.
Akhirnya saya menemukan jalan yang agak macet, disitu saya mulai menggerutu dalam hati , wah salah nech jalan, dan ternyata kemacetan itu dikarenakan banyak motor yang mengambil jalan hampir ¾ jalanan umum. Kesel banget saya , dengan nekat saya banting setir agak ke kiri untuk menghindari motor dan DOR ban mobil saya sobek dan pecah. Sepertinya ban mobil saya terkena besi penutup trotoar jalan.Waduh sialan umpat saya dalam hati , mau buru-buru malah becah ban. Tidak lupa sumpah serapah saya tumpahkan kepada motor yang egois yang ngambil jalanan sampe ¾ jalan , walau dalam hati sech, tapi saya bener kesel banget.
Setelah memasang ban dan mencari tukang angin untuk mengisi angin ban cadangan saya , akhirnya saya menurunkan teman saya ditempat biasa dan lagi – lagi saya tidak bisa sholat magrib di At-Tin. Sepanjang jalan saya merenung tentang kejadian itu dan akhirnya saya bisa mengambil hikmah dari itu semua.
Iklas itulah kuncinya, saya tidak iklas mengajak teman saya nebeng, rasa tidak iklas itu juga dibalut dengan keinginan – keinginan saya yang terlalu berlebihan. Keinginan saya sholat magrib di At-Tin menurut saya itu terlalu berlebihan , karena sepanjang perjalanan sebelum ke At-Tin masih banyak masjid yang bisa saya jadikan tempat sholat magrib, kok saya selalu berpikir ingin sholat di At-Tin. Kedua soal macet , seandainya saya bertanya kepada teman saya tentang jalan alternatif itu dari awal , pastinya saya tidak selalu menggerutu dalam hati ditengah kemacetan. Setelah kejadian itu saya mencoba lebih iklas membantu orang dan Insya Allah makin ke depan saya semakin menjadi pribadi yang iklas, Biarlah ke iklasan saya ini dibayar dengan membeli 1 ban baru, kan sebentar lagi mau dapet THR he-he-he ……..

Tidak ada komentar: